Loading

08 January 2014

Hutan Batu Terbesar & Terindah Kedua Ada di Indonesia

Deretan gugusan tebing cadas yang menjulang tinggi ke langit dan terbentang luas sampai 43.750 hektare. Bersinergi dengan birunya langit yang kontras dengan hijaunya vegetasi yang masih alami, serta dinaungi kabut tipis, menjadikan suasana terasa sepi, hening, dan terkesan mistis tapi romantis. Yup! Kesan yang saya rasakan saat pertama kali menginjakkan kaki di kawasan karst Maros (tower karst) atau lebih dikenal dengan nama hutan Batu yang dinobatkan sebagai terluas dan terindah ke dua di dunia.
Hutan Batu yang merupakan world heritage ini terbentuk dari pelarutan batu gamping yang terjadi ribuan tahun yang lalu. Terletak di jalan poros antara makassar-toraja menjadikan lokasi wisata alam yang indah ini sebagai panorama taman alami yang disuguhkan bagi setiap orang yang melintasi jalan trans Sulawesi. Namun, objek wisata berkelas dunia ini masih belum terlalu di ekspos sehingga jarang dikunjungi oleh wisatawan. Padahal karst maros ini menyimpan banyak keunikan yang hanya bisa dijumpai di kawasan world heritage ini.
Terletak di desa salengrang dusun ramang-ramang , kabupaten maros, Sulawesi selatan. Kawasan karst maros bisa dicapai dengan transportasi darat dari kota Makassar kurang lebih 1,5 jam. Lalu untuk masuk ke kawasan hutan batu, kita harus menggunakan perahu nelayan setempat dengan melewati hutan bakau yang berpadu dengan pohon palem dan pandan yang tumbuh liar di kiri kanan jalur yang kita lalui. Sesekali kita melewati tebing-tebing cadas yang menjadi rumah bagi habitat salalah satu jenis burung elang. Namun yang membuat saya lebih takjub lagi saat melewati terowongan dari bongkahan batu cadas besar yang terbentuk secara alami. Perjalanan dengan menggunakan perahu ini butuh waktu kurang lebih setengah jam.
 Selain bentang alam yang menawan serta peninggalan prasejarah yang masih terawat. Kawasan hutan batu ini juga menyimpan biota langka dan endemik, yang di antaranya hanya satu-satunya di dunia. Seperti monyet hitam (Macaca maura) dan 125 jenis kupu-kupu langka. Namun ada beberapa hewan yang tegolong sangat langka dan belum teridentifikasi, seperti laba-laba goa jenis baru sebesar telapak tangan orang dewasa, ikan goa buta yang transparan, kepiting laba-laba, kelelawar berhidung cabang, udang goa buta yang bertubuh transparan, beberapa jenis jangkrik goa yang juga belum teridentifikasi, serta beberapa binatang endemik lainya.

No comments:

Post a Comment

..:untuk kemajuan blog ini, silahkan anda berkomentar dengan kata-kata yang sopan:..Thanks............

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...