Loading

18 January 2014

6 Tips Mudah Dalam Mencari Pekerjaan

Bagaimana bisa, agar mudah mendapatkan pekerjaan? Padahal menurut badan BPS menyebutkan bahwa angka pengangguran di Indonesia lebih dari 10%. Kenyataannya tidak demikian, kalau anda tahu bahwa sesunggungnya pekerjaan yang mencari anda, so anda akan mudah mendapatkan pekerjaan. Penjelasannya begini kawan, pekerjaan itu yang terdiri dari serangkaian jobdesc tertentu. Rangkaian jobdesc ini akan membentuk sesuatu yang disebut jabatan dalam pekerjaan. Misalnya Manager Marketing, salah satu jobdesnya adalah mengkoordinasikan team salesnya untuk mencapai target penjualan.


Uniknya Jabatan pekerjaan di Perusahaan ini tidak semuanya terisi, alasannya karena tidak adanya SDM yang sesuai dengan kriteria yang kira-kira mampu menjalankan jobdesc pekerjaan tersebut. Semakin tinggi level jabatan perusahaan, maka akan semakin sulit terisi. Berbeda dengan level rendah jabatan perusahaan, yang mudah terisi, semisal OB dan Cleaning Service gampang terisi. Kenapa begini??? Jawabannya karena OB dan Cleaning Service banyak orang bisa melakukan pekerjaan tersebut(bukan bermaksud untuk merendahkan pekerjaan OB). Terus kenapa dengan jawaban CEO perusahaan Multinasional tidak mudah terisi, bahkan kadang harus impor dari Negara lain segala, kenapa tidak orang Indonesia saja.
Agar Ironis memang kalau mendengar perusahaan Multinasional di Indonesia harus di isi oleh ekspatriat, padahal orang Indonesia sendiri pun ada yang mampu dan bisa.
6 Tips Mudah Mencari Pekerjaan

1. Fokuslah pada bidang pekerjaan


Fokus disini adalah sejak muda persiapkan jenis karier yang akan anda geluti, termasuk jurusan kuliah yang anda pilih, kemudian perusahaan yang mungkin sesuai dengan jurusan kuliah anda. Pegang tegung terus fokus

2. Jadilah anda orang yang paling ahli dalam pekerjaan


Selalulah menjadi yang terbaik dalam pekerjaan anda, jika anda di perusahaan, raihlah the best people setiap tahunnya. Pastikan anda meraihnya. Selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik disetiap pekerjaan.

3. Selalu belajar


Jangan pernah malu untuk belajar, perbaiki terus kemampuan kerja anda, baik menyangkut masalah efektif maupun efisiennya. Belajarlah hal-hal yang dalam dalam pekerjaan anda, jadikan anda sebagai yang paling dulu tahu tentang update pekerjaan.

4. Jaga Attitude anda


Kalau anda ingin tahun, bahwa sesungguhny attitude anda mempengaruhi 80% dari keberhasilan anda bekerja. Cara berbicara dengan orang lain, memerintah, memberi nasehat, bagaimana cara bergaul dengan lingkungan yang baik. Selalu berbuat baik dengan orang lain. Jagalah trait-trait positif yang tidak semua orang melakukannya. Sedikit senyum di pagi hari akan menguntungkan anda, sedikit jajan untuk teman kantor akan mengurangi rasa prasangka orang lain. Selalunya menjadi orang yang baik kepada siapapun.

5. Bergaullah


Carilah teman-teman yang dapat mendukung anda dalam pekerjaan, bergaullah dengan orang-orang yang dapat menghargai waktu kerja. Pilihlah teman-teman yang baik, tidak harus banyak tetapi anda bisa bermanfaat untuknya dan teman anda dapat bermanfaat untuk anda. Hadirilah pertemuan-pertemuan dengan teman bisnis secara berkala, dan selalu cari info tentang hal baru dalam pekerjaan.

6. Selalu terlihat pandai


Saya mengetahui kalau anda adalah orang yang pandai. Tetapi bagaimana cara orang mengetahui kalau ada adalah orang pandai? Satu-satunya cara adalah perlihatkan bahwa anda adalah orang yang pandai. Bagaiamana caranya?salah satunya adalah bergaya sebagai orang yang pandai dan professional, pakailah pakaian yang sesuai dengan bidang anda, selalulah tampil rapi sesuai ukuran pekerjaan anda. Apabila anda dalam forum resmi selalulah menggunakan fakta dan data dalam menyampaikan ide anda, dan selesaikan masalah yang muncul dengan menggunakan data-data yang lengkap agar anda tidak salah mengambil kesimpulan


sumber

No comments:

Post a Comment

..:untuk kemajuan blog ini, silahkan anda berkomentar dengan kata-kata yang sopan:..Thanks............

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...