Loading

16 June 2011

Sayur dan Buah yang Paling Banyak dan Sedikit Menyerap Pestisida



Dalam jumlah tertentu, penggunaan pestisida untuk tanaman buah dan sayur masih dapat ditolerir tubuh. Ada sayuran dan buah yang paling rentan menyerap pestisida tapi ada juga buah dan sayur berkulit tebal yang sedikit terkena kontaminasi pestisida.

Environmental Working Group, yang merupakan kelompok nirlaba AS yang fokus pada masalah, meneliti hampir 100.000 buah dan sayur yang diduga mengandung pestisida. Hal ini untuk menentukan buah dan sayur mana yang memiliki residu (sisa) bahan kimia berbahaya tersebut.



Yang paling dikhawatirkan adalah buah dan sayur yang dijuluki 'dirty dozen', yang berisi 47-67 pestisida per porsi. Ini adalah makanan yang diyakini paling rentan karena memiliki kulit lembut dan tipis, sehingga cenderung lebih banyak menyerap pestisida.

Pestisida merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, memikat atau membasmi hama, penyakit dan gulma yang tidak berpengaruh pada tanaman. Pestisida seringkali disebut sebagai 'racun'. Tapi banyak petani yang menggunakan pestisida untuk mencegah kerusakan atau pembusukan.

Bila paparan pestisida terlalu banyak, maka pestisida bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kanker, ADHD pada anak, gangguan sistem saraf dan melemahkan sistem kekebalan tubuh."Sangat penting untuk mengetahui buah dan sayur apa saja yang mengandung banyak pestisida," ujar Amy Rosenthal dari Environmental Working Group

Rosenthal juga menuturkan bahwa kelompoknya melakukan pengujian pestisida setelah buah dan sayur dicuci dengan air dengan sistem bertekanan tinggi USDA (USDA high-power pressure water system).

Berikut kelompok 'dirty dozen' atau 12 buah dan sayur yang paling banyak menyerap pestisida:

1. Seledri
2. Persik
3. Stroberi
4. Apel
5. Blueberry
6. Nektarin (Peach)
7. Paprika
8. Bayam
9. Ceri
10. Kentang
11. Anggur
12. Selada

Sedangkan lapisan kulit dari buah dan sayur yang tebal dapat mencegah kontaminasi pestisida. Kelompok buah dan sayur tersebut dijuluki 'Clean 15', yaitu yang memiliki tingkat pestisida rendah atau bahkan tidak ada sama sekali:

1. Bawang
2. Alpukat
3. Jagung manis
4. Nanas
5. Mangga
6. Kacang polong
7. Asparagus
8. Buah kiwi
9. Kubis
10. Terong
11. Melon kuning
12. Semangka
13. Jeruk Bali
14. Ubi jalar
15. Bawang bombay



Sumber : http://blogjoss-ridwan.blogspot.com/2010/11/sayur-dan-buah-yang-paling-banyak-dan.html

Cek TKPnya : http://menujuhijau.blogspot.com/2010/12/sayur-dan-buah-yang-paling-banyak-dan.html#ixzz1PQ5ey270

No comments:

Post a Comment

..:untuk kemajuan blog ini, silahkan anda berkomentar dengan kata-kata yang sopan:..Thanks............

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...