Loading

24 June 2011

10 Makhluk Mitologi Yang Melegenda

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
kali ini ane tertarik buat bikin trit tentang makhluk2 mitologi nih gan tapi ini yg melegendanya
ane harap ini bukan gan
nah, ini dia daftar makhluk2 mitologi yg melegenda tsb gan :

1. Naga (Dragon)

Spoiler for naga:

agan2 pasti tau dong ama yang namanya "naga" ?
gini2, naga juga artis lho gan karena dia sering maen di beberapa film seperti Eragon, Dragon Ball, dll. nah arti naga itu sendiri adalah hewan dengan ukuran yang sangat menakjubkan. mereka berbentuk reptil dan terkadang memiliki beberapa kepala dan dapat menghembuskan nafas api. naga dipercaya dapat ditaklukan lewat musik. naga juga disebut-sebut sebagai dewa oleh beberapa suku.

2. Pegasus
Spoiler for pegasus:

ini dia salah satu makhluk mitologi favorit ane gan, "pegasus". nah, klo pegasus itu adalah seekor kuda yang memiliki sayap putih lebar. dalam mitologi yunani disebutkan bahwa pegasus lahir dari darah Medusa saat Perseus memenggal kepalanya. disebutkan juga bahwa Pegasus ditunggangi oleh Bellerophon untuk melawan Chimera. dijinakkan oleh Bellerophon dan melayaninya di gunungnya selama petualangannya termasuk ketika Bellerophon membunuh Chimera. ketika Bellerophon ingin menerbangkan Pegasus ke gunung Olympus, dia dihempaskan oleh Zeus. tapi Pegasus tetap terbang dan berhasil tiba di gunung Olympus. di sinilah Pegasus menghabiskan hari-harinya dengan membawakan petir untuk Zeus.
wahh, keren juga yaa gan

3. phoenix
Spoiler for phoenix:

agan2 pasti pernah nonton film "Harry Potter" dong, tp ane lupa nama episodenya yg didalemnya ada seekor phoenix milik Dumbledore. hhehe
phoenix itu adalah burung legenda yang mirip seekor elang tapi memiliki warna merah menyala seperti api yang terbang di angkasa. phoenix disebut berasal dari matahari. phoenix adalah burung api mitologi dari Mesir kuno dimana digambarkan sebagai burung yang mati oleh api dan dilahirkan kembali dari api. biasanya digambarkan mempunyai bulu emas dan merah. pada akhir kehidupannya, phoenix diceritakan membangun sarang dari ranting kayu manis dimana kemudian terbakar. burung musnah oleh api tapi kemudian Phoenix baru yang masih muda muncul dari api yang sama. diyakini masa hidup Phoenix adalah 500-1461 tahun. konon, airmata Phoenix dipercaya bisa menyembuhkan luka.
keren banget nih burung, jadi pengen melihara
ckck

4. medusa
Spoiler for medusa:

pasti inget dong ama manusia yg berkepala ular di film Clash Of The Titans ?
nah, dia itu medusa. menurut mitologi, medusa memulai hidup sebagai anak perempuan yang sangat menyenangkan sehingga membuat Athena cemburu. kecantikan Medusa menarik perhatian Poseidon. dia merayu Medusa, tetapi sayangnya dia melakukannya di kuil Athena. Hal ini membuat Athena sangat marah. ia lalu merubah Medusa menjadi Gorgon. karena Medusa sebenarnya adalah manusia, maka ia tidak abadi. dirasa hukuman belum cukup, Athena membantu Perseus untuk memburu dan membunuh Medusa. ketika Perseus memotong kepalanya, Pegasus dan Chrysaor anak Medusa dengan Poseidon terkuak. darah Medusa jatuh di padang pasir Lybian dan berubah menjadi ular. nantinya salah satu dari ular tersebut membunuh Mopsus.
jadi pengen denger ceritanya, kasian juga si Medusa itu.

5. Buraq
Spoiler for buraq:

buraq adalah mahluk mitologi yang berasal dari arab. buraq dipercaya membawa nabi Muhammad SAW hijrah dari masjidil haram ke masjidil aqsa kemudian terbang ke langit ke 7 untuk menerima wahyu kitab suci Al-Quran hanya dalam semalam. peristiwa ini dinamakan Isra Mi'raj. Buraq merupakan seekor binatang yang rupanya seperti kuda. ukurannya sedikit lebih kecil daripada kuda tapi lebih besar dari keledai. lariannya secepat kilat. Buraq akan memanjangkan kaki belakangnya ketika ia mendaki manakala akan memanjangkan kaki depannya pula apabila ia menurun. menggerak-gerakkan telinga dan kakinya adalah kebiasaan buraq. di samping rupanya yang cantik, terdapat sayap pada kedua pahanya yang membantu kecepatan lompatannya.
tp ane belum yakin klo bentuk buraq tuh kaya gini

6. Baphomet
Spoiler for baphomet:

agan2 pasti pernah liat gambar yang berbentuk bintang tebalik kan ?
nah, sebenernya itu kepala baphomet. dan konon, baphomet itu dilambangkan dengan angka 666. arti baphomet itu sendiri adalah satu dari puja-pujaan kaum Qabalis yang mewakili setan. makhluk ini berkepala kambing bertanduk atau dikenal dengan kambing “Mendes”, lambang kuno untuk setan. penampilannya melambangkan kekuatan-kekuatan hitam disatukan dengan kemampuan beranak-pinak seperti halnya kambing. di dahi, di antara dua tanduk di bawah suluh, adalah lambang pentagram. bagian bawah badannya diselubungi kain hitam yang melambangkan kerahasiaan. Baphomet digambarkan sebagai makhluk hermaphrodit dengan mempunyai buah dada lambang kewanitaan dan phallus lambang kelaki-lakian. dua ular melingkar di phallus yang berdiri. ular juga merupakan simbol dari setan.

7. griffin
Spoiler for griffin:

Griffin adalah hewan legenda yang memiliki sayap seekor elang dan kaki seekor singa. disebut sebagai burung terbesar dan menjadi hewan yang sangat sakral untuk dewa Apollo, dan griffin juga merupakan hewan penjaga matahari. makhluk ini terlihat pada saat peradaban Minoan (2700-1450 SM).

8. cerberus
Spoiler for cerberus:

berdasarkan mitos Yunani, Cerberus adalah anjing raksasa berkepala 3 yang menjaga pintu masuk ke Hades. Cerberus adalah anak dari Typhon dan Echidna. dalam legenda Yunani disebutkan bahwa Orpheus, Aeneas dan Odysseus mampu melewati Cerberus dan masuk ke dunia bawah atau Hades.
klo ga salah, di film Harry Potter juga ada yaa gan ?

9. chimera
Spoiler for chimera:

dibiakkan oleh Typhoeus dan Echidna, Chimera mempunyai 3 kepala, yaitu singa, kambing dan ular. badannya juga merupakan campuran dengan badan bagian depan singa, tengah kambing, dan ular untuk ekornya. dia mengeluarkan napas api. dia memporak-porandakan Lycia, membunuh sapi dan membakarnya sampai akhirnya ia dibunuh oleh Bellerophon.

10. Centaur
Spoiler for centaur:

dalam mitologi Yunani, Centaur adalah bangsa makhluk legendaris, makhluk setengah manusia setengah binatang yang dilukiskan berwujud manusia dari kepala sampai pinggang namun bagian tubuh ke bawah berwujud kuda. Centaur pun menjadi lambang zodiak Sagitarius

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6942080

1 comment:

..:untuk kemajuan blog ini, silahkan anda berkomentar dengan kata-kata yang sopan:..Thanks............

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...