Loading

29 July 2011

Menu Khas Berbuka Dari Berbagai Negara

Tapi kalo ini ternyata EMANG  namun judulnya beda mohon dimaafkan ya gan, kan sekarang bulan puasa. Ane cuma ingin berbagi aja buat agan-agan semua. Cekidot gan !!!!

Menu Khas Berbuka Puasa Dari Berbagai Negara


Spoiler for 1. India

Hyderabad Haleem

Lebih dari 130 juta Muslim tinggal di India, sehingga Ramadhan adalah suatu hal yang besar, terutama di daerah-daerah tertentu. Di utara kota Hyderabad, menu berbuka adalah makanan khas yaitu Hyderabad Haleem . Ini varian dari bubur gandum tradisional dengan citarasa pedas,gurih, biasanya disajikan dengan daging domba. Mantab gan..!!

Spoiler for 2. Turki

Sujuk

Ramadhan di Turki disambut dengan kegembiraan besar dan hidangan buka puasa memainkan peran besar dalam hal ini. Di kota-kota besar seperti Istanbul semua restoran menawarkan penawaran khusus dan menetapkan menu untuk buka puasa. Sebagian besar menawarkan menu set, dimulai dengan sup atau appetizer Plater disebut "Iftariye". Ini terdiri dari kurma, zaitun, keju, pastırma, sujuk, Roti Pide (yang merupakan roti khusus yang hanya dipanggang selama Ramadan) dan berbagai kue-kue yang disebut "börek".


Borek

Hidangan utama terdiri dari berbagai makanan Turki, terutama Makanan Tradisional Ottoman. Pencuci mulut terkenal yang disebut "güllaç" yang terbuat dari air mawar, disajikan di sebagian besar tempat.


güllaç

Spoiler for 3. Libanon




Mezze

Di Lebanon, Mezze, termasuk tabbouleh dan houmous, semua cukup akrab sebagai menu berbuka puasa, seperti halnya berbagai macam daging panggang.

Spoiler for 4. Bangladesh

Berbagai Jenis Hidangan Berbuka Khas Bangladesh

Di Bangladesh, berbagai macam makanan hidangan tersaji saat berbuka. Beberapa menu umum dari masakan Bangladesh termasuk Piyaju , Beguni, Jilapi, Muri, Halim, tanggal, samosa, Dal Puri, Chola , dan berbagai jenis buah-buahan seperti semangka menjadi hidangan berbuka.


Rooh Afza Rasa Mint

Minuman seperti Rooh Afza dengan berbagai cita rasa dan serbet lemon adalah menu populer berbuka di seluruh negeri.

Spoiler for 5. Pakistan

Samosa

Tidak ada berbuka puasa di Pakistan tanpa samosa. Bahkan, selama bulan Ramadhan, warung samosa bertebaran di seluruh negeri yang menjual versi pedas dari makanan lezat berbentuk segitiga ini.

Spoiler for 6. Mesir

Medames

'Tidak ada' Ramadhan di Mesir tanpa adanya menu berbuka sehat macam medames. Meskipun ini adalah makanan utama berbuka, namun ada juga menu lainnya yang turut menyemarakkan, seperti molokheya yang dibuat dari ayam dan nasi.

Spoiler for 7. Yordania

Mansaf

Mansaf adalah hidangan nasional Yordania. Terdiri dari daging domba yang dibumbui dengan rempah-rempah.


Qatayef

Sedangkan Qatayef adalah pancake lezat rasa kayu manis diisi dengan kenari dan gula dan dimakan dengan sirup madu.

Spoiler for 8. Malaysia

Nasi Lemak

Seperti biasa, umat Islam Malaysia berbuka dengan makanan kering atau kurma segar. Ada berbagai makanan khas masakan Malaysia tersedia dalam Bazaar Ramadhan (pasar makanan lokal yang buka selama bulan puasa) seperti air tebu, nasi lemak, laksa, percek ayam, nasi ayam, sate dan lain-lain.

Spoiler for 9. Indonesia


Kolak

Yang ini sih agan-agan pasti udah pada tahu. Betul..apalagi kalau bukan Kolak? Kolak jadi menu khas berbuka puasa di Indonesia. Kuah dibuat dari bahan santan dan gula, yang isinya bisa berupa pisang, singkong, ubi atau campuran dari ketiganya. Ada juga yang menambahkan dengan pacar cina.

Minuman segar semacam atau dawet juga akrab sebagai menu berbuka.

[spoiler=Tambahan]Kalo ibu ane tercinta kolak bikinannya gini gan, isinya: pisang + kacang ijo + labu siam. Bbbbrrrrrr maknyoss gan !!! tadi ane buka puasa pake ginian

[/spoiler]

Nah, itulah menu makanan khas berbuka puasa dari 9 negara. Semoga bermanfaat bagi kita semua ya gan.



CMIIW

wah gan ada koreksi dikit nih dari agan the.mata.ikan:
Quote:
Original Posted By the.mata.ikan
sorry, ane mau koreksi sedikit, yang warna merah (pide) itu bukan roti yang khusus dibuat di bulan Ramadhan, hari2 biasa juga banyak restaurant yang jual roti itu.

kalau dilihat di gambar ini:



pide adalah roti itu sendiri (yang berwarna putih seperti roti cane) dan di gambar sebelah kiri itu adalah pide yang diisi dengan sucuk (sujuk), dan disebelah kanan diisi dengan peynir (keju).

jadi sucuk (sujuk) bukanlah gambar itu, di gambar itu adalah pide yang diisi dengan sucuk (sujuk). sucuk (sujuk) sendiri merupakan makanan olahan daging yang berbentuk seperti sosis.

Spoiler for ini yang namany sucuk (sujuk)



pide biasa diisi dengan peynir (keju) atau kasarli (keju lembut) ada juga yang ditengahnya daging cincang dan ada juga yang berisi sucuk (sujuk). pide adalah menu wajib setiap hari di setiap restaurant turki.

"börek" juga adalah menu normal di turki yaitu lembaran seperti kulit lumpia yang sidudun dan diisi dengan daging cincang atau peynir (keju). secara garis besar tidak ada menu khusus bulan puasa di turki, menu mereka adalah menu sehari2 saja. dikarenakan turki negara sekuler dan banyak warganya yang tidak menjalankan ibadah, bulan Ramadhan tidak terlalu meriah seperti di Indonesia.

Sumber: kaskus.us

No comments:

Post a Comment

..:untuk kemajuan blog ini, silahkan anda berkomentar dengan kata-kata yang sopan:..Thanks............

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...